Tryout.id

Ini 4 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kulit yang Tampilannya Warna-warni

23 Feb 2022  |  215x | Ditulis oleh : Admin
Ini 4 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kulit yang Tampilannya Warna-warni

Pernahkah anda  mendengar himalaya salt atau garam himalaya? Jenis garam ini beberapa waktu silam pernah jadi tren dan dicari tidak sedikit orang. Karena garam himalaya ini dianggap mempunyai beragam keunggulan ketimbang garam pada umumnya. Dan ternyata di samping bisa dimakan, terdapat beragam manfaat garam himalaya bagi kesehatan kulit. Mari, ketahui lebih mendalam seputar garam yang memiliki tampilan warna-warni ini!

Mengenal Garam Himalaya

Garam himalaya adalah jenis mineral yang semula banyak ditemui di Pakistan, daerah pegunungan Himalaya. Mineral ini terselimuti oleh salju, es, dan lava, selama jutaan tahun sehingga terhindar dari beragam polutan modern. Garam ini pun memiliki beberapa warna unik, seperti putih, merah muda dan oranye. Kandungan warna garam tersebut ditentukan oleh jumlah mineral seperti magnesium, kalsium, zat besi, dan kalium yang terdapat di dalamnya.

Sekarang garam himalaya ditambang untuk selanjutnya diolah jadi garam yang bisa dikonsumsi, dijadikan lampu, produk kosmetik, dan barang yang lain. Tidak mengherankan bila bahan yang satu ini pernah jadi tren dan bisa anda temui pada berbagai produk perawatan kulit.

Manfaat Garam Himalaya bagi Kulit

Sebetulnya belum banyak riset yang dapat memastikan apakah manfaat garam himalaya bagi kulit lebih bagus ketimbang mineral yang lain. Tetapi, pemakaian garam ini tetap mempunyai berbagai manfaat yang bisa menambah kesehatan kulit. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Membuang Sel Kulit Mati

Garam himalaya bisa dijadikan scrub alami. Garam ini akan menunjang dalam melembutkan tekstur kulit. Garam himalaya pun bisa menunjang menaikkan pembuatan kolagen sehingga kulit terawat kelembutannya. Untuk membuang sel mati dengan garam himalaya, anda dapat mencampurkannya dengan minyak zaitun. Lalu dioleskan ke bagian kulit dengan gerakan memutar. Tidak boleh lupa jauhi bagian kulit yang luka.

Merilekskan Kulit

Manfaat garam himalaya yang paling penting bagi kulit yakni menyajikan pengaruh rileks dan nyaman di kulit. Untuk itu, garam ini amat tepat dipakai ketika berendam di dalam air hangat. Berdasarkan riset yang sudah dilaksanakan, di samping menyajikan ketenangan di kulit pemakaian garam ini pun sekalian bisa meredakan ketegangan, rasa sakit, stres sampai emosi.

Membantu Menangani Eczema, Jerawat, dan Psoriasis

Garam himalaya bisa menunjang menangani keadaan kulit yang menderita breakout semisal eczema, jerawat dan psoriasis. Khususnya di bagian punggung. Bersumber pada penemuan dari National Eczema Association, membubuhkan garam ini di air mandi bisa mengurangi rasa pedih yang barangkali timbul ketika keadaan kulit tengah parah. Kandungan magnesium di dalamnya pun bisa mengurangi risiko peradangan kulit.

Meredakan Gigitan Serangga

Pernahnah anda terkena gigitan serangga di kulit? Umumnya sesudah tergigit oleh serangga kulit akan menderita kemerahan, bengkak-bengkak ataupun gatal-gatal. Yup, dikabarkan dari Healthline salah satu manfaat garam himalaya bagi kulit ialah dapat meredakan gigitan serangga. Anda cuma perlu berendam di dalam air hangat yang sudah dicampurkan dengan garam himalaya. Keadaan kulit yang bengkak dan gatal juga dapat mereda.

Efek Samping Garam Himalaya

Masih dari halaman Healthline, bahan alami yang satu ini terkategori aman dan tidak menyajikan efek samping sesudah dipakai. Tetapi, apabila kulitmu menderita rasa gatal, panas ataupun iritasi sesudah memakainya, segeralah bersihkan kulit dan tidak boleh pakai lagi.

Demikian tadi berbagai manfaat dari garam himalaya bagi kesehatan kulit. Jika anda tengah mencari bahan alami guna menjaga kulit, tidak ada salahnya mencoba garam ini.

 

 

Berita Terkait
Baca Juga: