rajabacklink

4 Bagian Rumah Yang Harus Diselamatkan Saat Musim Hujan Datang

18 Mei 2022  |  113x | Ditulis oleh : Admin
4 Bagian Rumah Yang Harus Diselamatkan Saat Musim Hujan Datang

Saat musim penghujan hampir setiap hari hujan turun. Apakah rumah Anda tergenang air ataukah bocor? Bila begitu, barangkali Anda belum memperhatikan 4 bagian rumah yang harus diselamatkan saat musim hujan datang.

Memeriksa plafon dan atap rumah adalah hal paling penting yang harus dilakukan secara periodik, khususnya ketika menjelang musim hujan. Bila terdapat tetesan air dari atap dan plafon  yang rusak mesti secepatnya diperbaiki.

Berikut ini 4 bagian rumah yang harus diselamatkan saat musim hujan datang supaya rumah aman dan nyaman dihuni.

 

Atap

Bentuk atap perisai atau pelana lebih tahan pada hujan lebat ketimbang dak beton/atap datar. Apabila mengalami kebocoran, atap dak beton lebih sukar untuk ditemukan sebab tempat retak di atas dan di bawah atap dapat berlainan letaknya/posisinya.

Perbaikan atap bisa memakai lem karet silikon yang lazim digunakan untuk lem akuarium. Perekat untuk akuarium ini bisa cepat mengering dan karet silikon bersifat anti air yang relatif ampuh. Bagian yang bocor ditutup dengan lem akuarium dan diratakan. Sesudah 3 jam, lem akan menjadi kering dan Anda dapat mengecat plafon kembali.

 

Dinding Luar

Rembesan air hujan membuat dinding lembab dan meninggalkan noda seperti ompol. Untuk itu cari terlebih dahulu sumber permasalahannya. Apabila sumber awal ini tidak ditemui, semua perbaikan yang dijalankan pada permukaan dinding barangkali tidak akan banyak bermanfaat. Dinding merembes dapat dikarenakan air yang turun dari atap tidak segera mengalir ke talang.

Bila dinding luar dilapisi dengan cat, pastikanlah jalannya pengecatan awal sudah sempurna. Jika proses ini sudah terpenuhi, tetapi dinding masih tetap ‘ngompol’ sebaiknya cermati lapisan plester pada dinding luar.

Jika lapisan itu tidak sempurna ada baiknya diperbaiki dan dinding luar di-cat ulang  dengan proses terbaik. Sedangkan ‘ompol’ pada dinding interior dengan sendirinya berkurang dan berhenti bila sumber masalah tertangani.

 

Dinding Dalam

Penyelesaian masalah untuk dinding interior dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

  • Kerok permukaan dinding yang rusak dan pakai ampelas untuk meratakannya.
  • Permukaan dinding dilapisi dengan cat yang berbahan utama solventbase sealer.
  • Dinding interior dicat dengan cat berkualitas paling baik yang ada di pasaran.

 

Saluran Air

Cara terbiasa untuk menangani saluran air yang mampet yaitu memakai cairan pembersih. Belilah cairan pembersih sumbatan, tuangkanlah ke dalam saluran air yang tersumbat, biarkan beberapa saat, dan diamkan cairan itu berfungsi.

Penggunaan cairan pembersih sumbatan barangkali mudah dan nyaman, namun mempunyai kekurangan sebab berisi beberapa bahan kimia yang berbahaya dan beracun. Soda Api pun dapat menjadi alternatif solusi masalah air mampet. Material ini bisa didapatkan di toko-toko bahan bangunan, tetapi pakai sarung tangan ketika memakainya.

Soda api dimasukkan kedalam saluran lubang pipa dan diamkan sebentar sampai suara gemuruhnya tak kedengaran lagi. Lalu, basuhlah dengan air. Lakukanlah 1 bulan sekali supaya pipa tak mampet lagi.

 

Baca Juga: