rajabacklink

3 Jenis Tanaman Jamu-jamuan Yang Dapat Melangsingkan Tubuh

9 Mei 2022  |  16x | Ditulis oleh : Admin
3 Jenis Tanaman Jamu-jamuan Yang Dapat Melangsingkan Tubuh

Sejak dulu jamu-jamuan banyak digunakan untuk melangsingkan tubuh. Di antaranya daun jati belanda, daun kemuning, dan bangle. Tetapi minum jamu tidak akan memberikan hasil baik, tanpa diikuti pola makan dan olahraga.

Indonesia kaya akan jamu-jamuan yang sejak dulu dipercaya dapat membantu melangsingkan tubuh. Terutama masyarakat Jawa. Dipercaya dengan minum ramuan jamu, seseorang akan langsing dan singset. Sejak dulu orang-orang menurunkan berat badan dengan bahan jamu-jamuan seperti jati belanda, kemuning, dan bangle.

1. Daun Jati Belanda (Guazumae folium)

Sejak dulu daun Jati Belanda sudah dikenal dapat melangsingkan tubuh. Jati Belanda merupakan pohon yang berbatang keras bercabang, berkayu bulat dengan permukaan batang yang kasar dan berwarna cokelat kehijauan. Daunnya berbentuk bulat telur berwarna hijau dengan pinggiran bergerigi, permukaan kasar, ujung runcing, pangkal berlekuk, pertulangan menyirip berseling, dan berukuran panjang 10-16 cm serta lebar 3-6 cm.

Kandungan utama dari daun Jati Belanda adalah tanin dan musilago. Kandungan lainnya resin, flavonoid, karotenoid, asam fenolat, zat pahit, karbohidrat, kafein, terpen, serta senyawa-senyawa lain seperti sterol, beta-sitosterol, friedelin-3-alfa-asetat, friedelin-3-beta-ol, alkoloida serta karbohidrat dan minyak lemak.

Tanin yang banyak terkandung di daun mampu mengurangi penyerapan makanan dengan cara mengendapkan mukosa protein yang ada dalam permukaan usus. Musilago yang berupa lendir memiliki sifat sebagai pelicin, sehingga penyerapan usus pada makanan bisa dikurangi. Dengan demikian daun jati belanda dapat menguruskan badan dengan cara melarutkan lemak, serta berkhasiat sebagai antidiare dan astringent. Sementara saponin bersifat untuk melancarkan buang air besar.

2. Daun Kemuning (Murrayae folium)

Kemuning merupakan tanaman yang tumbuh di semak liar belukar, tepi hutan hingga menjadi tanaman hias dan tanaman pagar ini juga memiliki khasiat untuk melangsingkan. Untuk pelangsingan yang digunakan adalah daunnya yang kecil, lebat, majemuk dan bersirip ganjil dengan anak daun 3-9, letak berseling.

Kemuning mengandung methyl antranilat yang salah satu efeknya untuk melangsingkan karena dapat menghilangkan lemak yang berlebihan, serta dapat melancarkan peredaran darah. Kemuning juga dapat mempertahankan sel tubuh agar tidak terganggu lemak. Daun dan rantingnya bisa digunakan untuk menghilangkan lemak yang berlebihan pada tubuh dan melangsingkan tubuh. Selain itu, senyawa aktif kemuning dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga meningkatkan pembakaran timbunan lemak di dalam tubuh, sehingga akan mengurangi lemak tubuh.

3. Bangle (Zingiberis purpurei Rhizoma)

Bangle adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan. Rimpang bangle berbentuk seperti jahe, mengandung asam organik yang berkhasiat mengurangi lemak di dalam tubuh. Bangle bersifat sebagai pencahar.

Komponen di dalam rimpang bangle antara lain alkaloid, flavonoid, minyak atsiri, saponin, pati, tanin, steroid/triterpenoid, lemak, dan gula. Bangle dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran timbunan lemak di dalam tubuh meningkat dan akan mengurangi kadar lemak di dalam tubuh.

Bangle bermanfaat sebagai peluruh lemak karena ekstraknya dapat mengaktifkan enzim lipase, aktor pengurai lemak di dalam tubuh. Senyawa flavonoid dan tanin dalam bangle, yang dapat menghambat dan pengaktif enzim yang sangat vital pada pencernaan. Selain melangsingkan perut, bangle juga dapat digunakan untuk penurun panas, peluruh angin, peluruh dahak, pencahar obat cacing dan pelangsing perut.

Demikianlah 3 jenis jamu-jamuan yang dapat melangsingkan tubuh kita. Penasaran? Silakan dicoba!

Baca Juga: