RajaKomen

7 Manfaat Testimoni Pelanggan Bagi Bisnis Online yang Perlu Diketahui

22 Feb 2022  |  118x | Ditulis oleh : Admin
7 Manfaat Testimoni Pelanggan Bagi Bisnis Online yang Perlu Diketahui

Testimoni pelanggan merupakan salah satu unsur yang jangan dilewatkan jika anda sedang mengembangkan bisnis online. Testimoni adalah pernyataan dari para konsumen atau pelanggan seputar produk ataupun jasa yang telah pernah mereka gunakan. Umumnya testimoni bisa mengukur taraf kepuasan pelanggan pada sebuah produk maupun jasa.

Para pebisnis online juga telah banyak yang menampilkan testimoni para pelanggannya. Baik lewat media sosial atau e-commerce. Malahan sekarang testimoni bisa disampaikan dalam bentuk teks yang disertai dengan foto dan video. Lantas, sebetulnya seberapa pentingkah testimoni bagi bisnis online? Yuk simak 7 manfaat testimoni pelanggan bagi bisnis online yang perlu diketahui berikut ini!

Meningkatkan Kepercayaan

Testimoni dari pelanggan yang telah pernah membeli produk anda akan membantu menaikkan kepercayaan pelanggan lainnya. Saat calon pelanggan melihat betapa banyaknya komentar positif, tentunya ia  akan merasa lebih yakin untuk membeli produk yang anda tawarkan. Sehingga penjualan juga mengalami kenaikan.

Mendapatkan Saran

Testimoni pelanggan biasanya mengandung saran maupun kritik terhadap produk yang anda tawarkan. Baik itu dari aspek keadaan produk, kemasan, pelayanan ataupun hanya saran dari pelanggan. Hal ini tentunya penting bagi anda sebagai pebisnis online supaya bisa tetap mengembangkan usahanya supaya menjadi lebih baik lagi. Jadi, saat anda memperoleh komentar yang negatif, jadikanlah hal itu sebagai catatan dan lekas perbaiki supaya pelanggan berikutnya tak merasakan kekecewaan serupa.

Mengapresiasi Pelanggan

Salah sebuah wujud apresiasi yang dapat anda sampaikan kepada pelanggan ialah dengan menampilkan testimoni mereka di situs/website atau media sosial  yang anda gunakan untuk keperluan bisnis online. Dengan demikian anda dapat membina hubungan yang baik dengan pelanggan sebab mereka merasa dihargai dan dipandang penting.

Konten untuk Beriklan

Telah tak asing lagi bila testimoni pelanggan kerap dihimpun dan dibuat bahan untuk melakukan iklan di media sosial. Terutama bila testimoni itu datang dari figur yang berpengaruh dan mempunyai banyak pengikutnya di media sosial. Sebagai pebisnis online, anda perlu mengumpulkan sejumlah testimoni yang paling menarik lalu menyebarluaskannya melalui media sosial. Langkah ini bisa membantu anda menarik hati calon pelanggan yang lainnya.

Membangun Citra yang Positif

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu aspek penting untuk suatu bisnis. Dengan meminta testimoni dari pelanggan anda dapat memperlihatkan bila anda adalah pebisnis yang peduli dan ingin membina hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini pun menunjukkan bahwa anda bertanggung jawab dan terbuka terhadap kritik yang dikemukan pelanggan.

Meningkatkan Perkembangan Bisnis

Kadang-kadang testimoni pelanggan pun dapat menjadi sumber inspirasi untuk produk dan kemajuan bisnis anda. Bila inspirasi ide itu sesuai dengan nilai-nilai yang anda miliki, tak ada salahnya untuk melaksanakan inspirasi itu.

Demikianlah manfaat testimoni pelanggan dan pentingnya testimoni bagi bisnis online.

Baca Juga: