RajaKomen

Ini Makanan dan Minuman Penyebab Rambut Rontok yang Sering Dianggap Sepele

14 Jun 2022  |  16x | Ditulis oleh : Admin
Ini Makanan dan Minuman Penyebab Rambut Rontok yang Sering Dianggap Sepele

Rambut rontok adalah persoalan rambut yang tidak sedikit dialami orang. Walau terdengar sepele, terkadang rambut rontok jadi masalah yang mengganggu dan mencemaskan. Anda tak bisa mengandalkan produk perawatan rambut saja untuk merawat rambut rontok. Anda pun harus menghindari beberapa makanan penyebab rambut rontok yang bisa menjadikannya keadaan itu semakin parah.

Di bawah ini adalah makanan dan minuman penyebab rambut rontok yang penting anda kenali.

Karbohidrat sederhana

Berdasarkan penelitian pada tahun 2016 lalu karbohidrat sederhana tergolong dalam makanan penyebab rambut rontok. Mengkonsumsi karbohidrat sederhana bisa menaikkan produksi sebum, yaitu zat berminyak yang dikeluarkan kelenjar yang melekat pada folikel rambut. Jika berlebihan sebum bisa mengakibatkan peradangan yang berbahaya untuk kesehatan rambut.

Disamping itu, makanan manis pun diketahui bisa menimbulkan pankreas menaikkan produksi hormon insulin, yang berpengaruh buruk pada pembuluh darah di kulit kepala. Untuk itulah anda perlu menurunkan jumlah karbohidrat sederhana yang dimakan. Kurangi asupan kue, kue kering, permen, nasi putih, pasta, maupun roti. Pilihlah karbohidrat kompleks yang merupakan konsumsi lebih bergizi seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Alkohol

Rambut secara umum dibuat dari protein yang dinamakan keratin. Keratin merupakan protein yang memberikan struktur pada rambut. Nah, mengkonsumsi alkohol berpengaruh buruk pada sintesis protein dan bisa membuat rambut jadi lebih lemah dan tak berkilau. Mengkonsumsi alkohol berat pun bisa menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi dan membuat kematian folikel rambut.

Gorengan dan daging merah

Apakah anda penyuka gorengan? Sayangnya seluruh jenis makanan yang digoreng pun tergolong makanan penyebab rambut rontok. Berdasarkan riset yang pernah diadakan pada tahun 2010, gorengan bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan rambut. Di samping gorengan, riset itu pun mendapatkan bahwa daging merah bisa mengakibatkan aktivitas sebum dan kelenjar minyak menjadi berlebihan.

Ikan dengan kandungan merkuri tinggi

Berdasarkan laporan pada tahun 2019 lalu, dua orang perempuan menderita kerontokan rambut dan mendapatkan bahwa mereka mempunyai kadar merkuri yang tinggi dalam darah mereka lantaran mengkonsumsi ikan. Tetapi, kerontokan rambut membaik sesudah mereka mengurangi konsumsi ikan yang tinggi merkuri seperti ikan marlin, ikan todak, ikan tenggiri, dan ikan nila.

FDA (Food and Drug Administration) menyarankan makan 2-3 porsi ikan setiap minggu sebab nilai gizinya yang tinggi. Tetapi, pilihlah ikan yang rendah merkuri, seperti cod, salmon, dan tuna yang bisa berguna bagi orang yang menderita kerontokan rambut.

Soda Diet

Soda diet adalah jenis minuman ringan mengandung soda dengan pemanis buatan yang bebas gula dan nyaris tak memiliki kandungan kalori. Tetapi soda diet tetap memiliki kandungan pemanis buatan yang dinamakan aspartam. Dikutip dari laman NDTV, zat ini bisa merusak folikel rambut menyebabkan rambut gampang rontok.

Makanan tinggi gula

Makanan penyebab rambut rontok yang lainnya ialah gula. Konsumsi gula yang tinggi bisa menghalangi penyerapan protein bagi tubuh sehingga rambut lebih gampang rontok. Untuk itulah anda perlu menjauhi makanan yang tinggi gula atau mengandung gula ekstra.

Putih telur mentah

Telur merupakan nutrisi yang bagus untuk rambut tetapi tidak untuk dimakan mentah. Karena putih telur mentah bisa membuat tubuh kekurangan biotin. Padahal biotin bisa berfungsi membantu pembuatan keratin guna menguatkan rambut.

Demikianlah  7 makanan dan minuman penyebab rambut rontok. Apakah terdapat makanan favorit anda? Ayo batasi asupannya supaya anda bisa memiliki rambut yang lebih sehat dan indah.

Baca Juga: