rajabacklink

6 Jenis Beras yang Tepat untuk Diet dan Menghilangkan Lemak di Perut

24 Agu 2022  |  63x | Ditulis oleh : Admin
6 Jenis Beras yang Tepat untuk Diet dan Menghilangkan Lemak di Perut

Beras memang jadi makanan pokok setiap hari. Tetapi, tahukah anda? Ternyata beras putih kurang aman dimakan untuk anda yang ingin mengurangi berat tubuh. Tetapi kalem saja, ada  berbagai rekomendasi beras yang pas untuk diet sekalian dapat menghilangkan lemak di perut. Tentunya sejumlah jenis beras ini aman dimakan, apalagi untuk anda yang tak dapat melewatkan mengonsumsi tanpa nasi.

Sebagai saran, langsung saja perhatikan berbagai jenisnya di bawah ini:

1. Beras Cokelat

Beras cokelat punya kandungan berbagai gizi karena berasal dari gandum utuh. Di samping itu, beras cokelat pun tinggi dengan serat, vitamin B, seng, dan magnesium. Penting anda tahu, serat amat berguna untuk mengurangi berat tubuh, karena menunjang menyetabilkan gula darah dan menyebabkan rasa kenyang lebih lambat. Beras cokelat pun dapat menunjang menaikkan pencernaan.

2. Beras Merah

Jenis beras yang pas buat diet selanjutnya ialah beras merah. Beras merah banyak mengandung anti-oksidan yang namanya antosianin. Kandungan itu tak cuma menyajikan warna merah pada beras, tetapi pula sanggup menunjang mengendalikan berat badan. Mangan yang terdapat dalam beras merah pun dapat menunjang tingkatkan metabolisme pada tubuh. Dalam 250 g beras merah, memiliki kandungan kira-kira 216 kalori.

3. Beras Hitam

Walau berwarna amat pekat, tetapi ternyata beras hitam baik dimakan untuk diet. Dibanding beras yang lain, beras hitam mempunyai tekstur yang lebih padat. Tetapi, supaya teksturnya lebih ringan, anda dapat mengombinasikannya dengan beras merah. Beras yang pas buat diet ini, mempunyai anti-oksidan tinggi dibanding yang memiliki warna lebih terang lainnya. Di samping itu, beras hitam pun memiliki kandungan mikronutrien seperti folat, vitamin B6, zinc, fosfor, dan niacin. Meskipun terasa lebih padat, tetapi sebetulnya beras hitam akan lebih ringan di perut. Untuk satu cangkirnya, lebih kurang memiliki kandungan 280 kalori.

4. Padi Liar

Barangkali padi liar belum demikian akrab di telinga kita, tetapi padi liar adalah salah satu macam beras yang pas buat diet karena banyak mengandung anti-oksidan. Padi liar merupakan jenis rumput semi akuatik, sehingga secara teknis adalah kombinasi dari 4 jenis rumput yang berbeda. Menurut Nutrition Review, padi liar diketahui sebagai gandum utuh yang dikemas penuh bersama vitamin, gizi, serat, dan beragam jenis anti-oksidan. Padi liar amat berguna dalam mengatur profile lipid, kesehatan jantung, dan mempertahankan berat badan.

5. Beras Basmati

Bila anda mencari beras yang pas buat diet dan minim gula, basmati dapat jadi alternatifnya. Beras ini mempunyai bentuk yang lebih langsing dan panjang dibanding jenis yang lain. Di samping itu, wangi yang dihasilkan juga unik dan teksturnya memisah, tak lekat dan menyatu. Di samping tinggi serat, basmati pun rendah gula. Sehingga tepat sekali dibuat menjadi makanan karbo ketika diet. Basmati pun memiliki kandungan arsenik yang lebih rendah ketimbang yang lain. Di mana kandungan arsenik tinggi dapat mengancam kesehatan dan menaikkan resiko diabetes, gangguan jantung, dan berbagai jenis kanker.

6. Beras Shirataki

Shirataki merupakan salah satu macam beras yang tepat untuk diet dan tengah populer. Dalam 100 g beras, memiliki kandungan 1,18 gr karbo dan 0 kalori. Walau namanya beras, sebetulnya shirataki dibuat dari umbi yang mempunyai hasil akhir namanya konjac. Umumnya, konjac dibuat jadi mie ataupun jelly. Di samping karbo, beras ini cuma mempunyai gizi tambahan 1,69 mg zat besi dalam 100 g hidangannya. Tetapi beras ini mempunyai serat diet yang bagus untuk kesehatan. Beras shirataki dapat menolong menghambat peningkatan kandungan gula darah, bikin kenyang lebih lambat, mengurangi cholesterol, dan menunjang melindungi kesehatan pencernaan.

Itu tadi enam jenis beras yang tepat untuk diet dan melenyapkan lemak di perut. Saat ini, anda tinggal milih yang mana mau dibuat jadi asupan setiap hari.

Baca Juga: