Hijab.id

6 Tips Mendapatkan Tidur Nyenyak untuk Ibu Hamil

14 Jun 2022  |  13x | Ditulis oleh : Admin
6 Tips Mendapatkan Tidur Nyenyak untuk Ibu Hamil

Ada beberapa tips mendapatkan tidur nyenyak untuk ibu hamil yang dapat mereka lakukan di rumah, yakni dengan melakukan relaksasi. Lantas bagaimanakah caranya? Yuk simak paparannya di bawah ini.

Beberapa ibu hamil, merasa kesulitan untuk dapat tidur nyenyak. Terlebih saat ukuran perut telah kian membesar. Tentunya mereka pun sulit dalam mendapatkan posisi tidur yang nyaman dan tepat. Bila telah seperti ini dapat saja mengakibatkan ibu hamil menjadi mudah lelah sehingga berdampak pada mood.

Bila merasa tegang, khawatir, atau letih, memungkinkan ibu hamil tambah sulit untuk tertidur. Oleh sebab itu, kali ini akan disajikan beberapa tips yang dapat dilakukan supaya mendapatkan tidur nyenyak untuk ibu hamil. Kecuali menunjang untuk dapat tidur nyenyak, tips ini pun dapat menenangkan pikiran sampai melemaskan otot-otot. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

1. Melakukan Yoga dan Peregangan

Di masa kehamilan, wanita akan lebih cepat merasakan lelah. Pada keadaan ini, tentunya yang diharapkan ialah memperoleh waktu istirahat yang berkualitas. Tetapi sayangnya, waktu istirahat dan tidur nyenyak jadi hal yang susah diperoleh. Untuk menangani hal ini, ibu hamil dapat melakukan yoga dan relaksasi supaya tubuh jadi lebih lentur sepanjang masa kehamilan.

Terlebih sekarang telah banyak pusat kebugaran yang menyediakan yoga prenatal. Atau anda pun dapat meminta pelatih untuk memberikan bimbingan khusus untuk anda. Di samping itu supaya mendapatkan tidur nyenyak untuk ibu hamil, anda dapat melakukan peregangan sendiri dengan gerakan simpel untuk punggung dan pinggang, betis dan paha belakang, serta leher dan bahu. Dengan melakukan peregangan otot secara halus akan membuat anda lebih gampang tertidur di malam hari.

2. Melakukan Pemijatan

Melakukan pemijatan pun dapat merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan tidur nyenyak buat ibu hamil. Tetapi, perlu diingat, pemijatan cuma boleh dilakukan oleh terapis yang telah profesional. Sebab tentunya mereka telah paham benar teentang caranya. Bila tak menemukan terapis profesional, anda boleh meminta suami buat memijatnya, misalnya memijat leher, tangan atau kaki.

3. Relaksasi Otot Progresif

Melakukan relaksasi otot progresif amat membantu guna mendapatkan tidur nyenyak untuk ibu hamil. Secara umum, tips ini dilakukan dengan cara melepaskan otot yang tegang, lantas mengendurkannya. Anda dapat melakukannya dengan cara tiduran di tempat tidur atau di lantai, tentukan tempat yang anda pilih itu nyaman. Setelah itu, fokuslah pada sekelompok otot pada suatu waktu dan bergiliran antara sisi kiri dan kanan. Pertama kencangkanlah dan lepaskanlah otot tangan sampai lengan. Kemudian lakukanlah hal yang sama dengan paha, bahu dan punggung, wajah dan rahang, otot lengan atas, dan seterusnya hingga mencapai kaki.

4. Menarik Napas

Tips selanjutnya ialah dengan menarik napas dalam-dalam serta berirama. Kecuali buat mendapatkan tidur nyenyak untuk ibu hamil, cara inipun dapat mengurangi ketegangan otot sampai mengurangi detak jantung. Bagaimanakah cara melakukannya? cukup tidur-tiduran di atas tempat tidur dengan kedudukan kaki terentang. Bila kehamilan menginjak trimester kedua, maka rebahanlah miring ke kiri atau menyelipkan bantal di bawah sebelah kanan punggung sehingga agak miring ke kiri. Lalu anda dapat menaruh bantal di antara kaki untuk menyangga. Dengan posisi mulut tertutup, tariklah napas pelan-pelan lewat hidung. Kemudian rasakanlah dada mengembang ketika mengisi paru-paru dengan udara. Tahanlah beberapa detik, lantas hembuskanlah napas lewat hidung sampai hitungan keempat.

5. Olahraga

Walau tengah mengandung, janganlah jadikan sebagai dalih untuk malas melakukan olahraga. Karena melakukan olahraga secara rutin dapat membuat anda menjadi lebih sehat. Entah dari aspek jasmani ataupun rohani. Melakukan olahraga pun dapat membuat tidur nyenyak untuk ibu hamil. Asalkan tidak melakukan olahraga yang termasuk berat serta tak berdekatan dengan saat tidur. Karena melakukan olahraga yang berdekatan dengan saat tidur cuma akan membuat anda lebih fresh sehingga mengganggu siklus tidur alami.

6. Membayangkan Tempat yang Nyaman

Sebelum tidur, coba bayangkanlah tempat yang nyaman. Ini adalah salah satu tips yang dapat menenteramkan pikiran yang galau dan membantu anda mudah tertidur. Umpamanya membayangkan tengah berjalan-jalan menelusuri jalan setapak yang sarat bunga-bunga. Atau tengah memandang langit biru yang cerah. Lantas, bayangkanlah tiap-tiap detail pemandangan, tak terkecuali tekstur, rasa, aroma, dan suara di sekitar anda.

Nah, demikianlah beberapa tips guna mendapatkan tidur nyenyak untuk ibu hamil.

Baca Juga: