Tryout.id

5 Tips Aman Bepergian Sendiri untuk Wanita

26 Agu 2022  |  76x | Ditulis oleh : Admin
5 Tips Aman Bepergian Sendiri untuk Wanita

Tidak sedikit wanita memilih untuk bepergian sendiri tanpa ditemani teman, sahabat atau pasangan. Baik untuk urusan pekerjaan maupun sekedar ingin menenangkan pikiran. Bepergian sendiri kadang - kadang memang lebih rileks. Karena anda tidak perlu repot - repot lagi menyamakan jadwal dengan teman yang seringnya mempunyai jadwal libur yang berlainan.

Tetapi bila baru pertama kali, tentunya anda mesti berhati-hati, dan jangan lupa untuk mengaplikasikan tips aman bepergian sendiri di bawah ini.

1. Rencanakan Sematang Mungkin

Sebelum anda melakukan perjalanan sendirian, pastikanlah anda sudah merencanakan hal itu secara matang. Jangan sampai anda cuma memikirkan keinginan untuk berlibur, tanpa memikirkan segala hal yang kelak anda butuhkan.

Demi keamanan dan kenyamanan anda maka rencanakan semuanya dengan matang. Persiapkanlah dan pertimbangkan beragam aspek seperti, ketersediaan hotel, kondisi cuaca, kesehatan fisik yang prima, tabungan yang mencukupi, dan lainnya.

2. Jauhi Memakai Pakaian yang Terlampau Menarik Perhatian Orang

Tips aman bepergian sendirian untuk wanita selanjutnya, pastikan anda tidak memakai pakaian yang terlampau mencolok. Alangkah baiknya, kenakan pakaian yang selaras dengan budaya tempat anda berlibur kelak. Tujuannya ialah supaya anda tak terlampau menarik perhatian untuk orang yang melihat anda.

Walau cuma berlibur, pastikan pakaian yang anda pakai rapi dan sopan. Hindari mengenakan pakaian yang terlampau terbuka di tempat yang tak semestinya. Di samping itu, tak perlu pula memakai pakaian adat khas tempat anda berlibur, cukup pakailah pakaian yang cocok dan tak terlampau mencolok. Sesuaikanlah dengan pakaian yang dipakai oleh warga sekitar.

3. Percaya Diri

Kunci penting saat bepergian sendiri adalah percaya diri. Karena sikap tersebut akan menjadi sesuatu yang menjaga anda saat bepergian. Jika anda tampak percaya diri dan tidak kelihatan ragu-ragu, maka orang - orang yang berada di sekeliling anda tak akan merasa curiga dan tidak akan berniat jahat pada anda.

Jadi ketika bepergian sendiri, upayakan untuk mempunyai kepercayaan diri yang cukup. Jangan sampai anda tampak seperti ragu dan kebingungan. Tetapi bila kelak anda merasa hilang arah, maka janganlah ragu untuk bertanya pada orang lain di tempat ramai.

4. Jaga Terus Komunikasi dengan Keluarga maupun Teman

Ketika bepergian sendirian, penting sekali untuk tetap menjaga komunikasi dengan orang - orang terdekat, seperti teman atau keluarga. Saat anda telah sampai di tempat tujuan, janganlah lupa untuk memberikan kabar pada keluarga atau teman anda. Informasikan pada mereka di mana posisi anda berada saat itu, dapat lewat SMS ataupun telepon. Komunikasi merupakan sarana penting yang tidak boleh diabaikan.

5. Tidak Perlu Membawa Barang Berlebihan

Tips aman bepergian seorang diri yang terakhir ialah tidak boleh membawa barang dengan berlebihan. Tetapi bawalah secukupnya saja supaya kelak anda tak merasa repot dengan barang bawaan anda. Ingat, anda akan bepergian sendiri, jadi anda tak dapat menitipkan barang itu ke teman anda. Alangkah baiknya, bawalah barang yang memang benar-benar dibutuhkan.

Untuk dapat menikmati liburan sendirian yang aman dan menyenangkan, tentu saja anda mesti dapat mensiasati barang yang akan dibawa ketika berlibur nanti. Upayakanlah memilih barang bawaan yang mudah dibawa dan praktis. Persiapkan hal-hal penting seperti makanan, uang, pakaian, dan obat-obatan yang secukupnya saja untuk menemani anda di perjalanan.

Bagi anda yang dalam waktu dekat ini memiliki rencana untuk bepergian sendiri, janganlah lupa untuk mengaplikasikan kelima tips diatas. Dengan mengaplikasikan tips aman bepergian sendiri sebagaimana yang dijelaskan di atas, anda tak perlu cemas lagi. Tips-tips itu akan memberikan anda rasa aman dan memebuat saat liburan anda terasa menyenangkan.

Baca Juga: