Al Masoem

5 Cara Meredakan Kesedihan Secara Sehat

26 Jul 2022  |  83x | Ditulis oleh : Admin
5 Cara Meredakan Kesedihan Secara Sehat

Bagi sebagian orang, meredakan kesedihan tidak mudah. Apalagi jika rasa sedih muncul lantaran kehilangan, patah hati, atau kekecewaan. Sesungguhnya, kesedihan merupakan emosi normal yang dialami oleh semua manusia. Dan setiap orang tentu pernah merasakannya.

Walau ini adalah hal yang wajar, tetapi kita tidak boleh tenggelam dalam kesedihan itu. Kita mesti bangkit dan kembali menata hati supaya lebih bahagia dan bersemangat meneruskan kehidupan.

Setiap orang mempunyai cara meredakan kesedihan yang berbeda-beda. Tetapi tentu saja kita mesti mempertimbangkan apakah cara yang dilakukan selama ini efektif dan sehatkah, atau ternyata malah menyakiti lebih dalam lagi? Berikut ini merupakan beberapa cara meredakan kesedihan secara sehat yang dapat kamu coba.

1. Izinkan Diri untuk Menangis

Menangislah bila kamu merasa sedih, tidak perlu pura-pura nampak kuat, padahal apa yang mengganjal di hatimu ingin sekali dilampiaskan. Izinkan dirimu buat menerima kesedihan yang dirasa. Karena dengan demikian kita dapat berdamai dengan kesedihan yang ada.

Mengutip dari buku How to Love, orang yang sering marah-marah mempunyai risiko terkena penyakit kardiopulmoner yang tinggi, sedangkan orang yang memendam amarahnya condong banyak terkena penyakit kanker.

Saat kamu belum dapat mengelola perasaan dan amarah dengan stabil, maka efeknya akan segera terasa ke kesehatan tubuh. Tetapi dengan menangis dapat menjadi salah satu cara untuk bisa menstabilkan perasaan dan melapangkan hati.

2. Mendengarkan Musik

Meredakan sedih bisa juga dengan mendengarkan musik. Simpel tetapi amat bermanfaat. Kamu dapat mendengarkan musik favoritmu atau lagu yang mewakili isi hati dan perasaanmu. Nantinya hal itu dapat mengalirkan rasa nyaman ketika mendengarkannya.

Terlebih bila kmau belum mempunyai seseorang yang menjadi support system, yang dapat memberikan motivasi atau sekadar kata-kata yang dapat menggugah semangat. Maka, mendengarkan musik dapat menjadi alternatif yang dapat menenangkan diri.

3. Mencurahkan Isi Hati

Memiliki teman itu nyatanya penting, loh. Di samping membuat hidup menjadi lebih berwarna, kita pun dapat berbagi kisah dengan mereka. Terlebih saat tengah merasa sedih kita dapat menumpahkannya kepada mereka.

Tetapi pastikan temanmu adalah orang yang dapat kamu percaya, ya. Kalau malas bercerita dengan teman, kamu dapat mencoba cara meredakan kesedihan yang lainnya, seperti menulis buku harian atau jurnal.

4. Berjalan-jalan

Bergerak seperti berjalan-jalan dapat menjadi salah satu cara mengurangi kesedihan. Tidak perlu jauh jauh, sekadar jalan kaki di sekitaran rumah dapat menjadi awal untuk mulai kembali bersemangat.

Setidaknya perasaan yang semula amat mengganjal di dalam dada, pelan-pelan akan luruh dan membuat hidup menjadi lebih ringan.

5. Rehat Melakukan Sesuatu Seorang Diri

Lakukanlah apa yang sangat kamu gemari seorang diri tanpa ada yang menganggu. Umumnya, dari sini suasana akan menjadi baik. Baik itu sekadar menikmati kopi favorit di kafe, membuat makanan favorit, atau melakukan hobby yang digemari.

Saat kita menyempatkan waktu menikmati kesendirian, umumnya itu kita lakukan untuk mengoptimalkan energi kita melakukan sesuatu yang memang diperlukan.

Itu dia cara meredakan kesedihan secara sehat. Semoga apa saja kesedihan yang kamu rasakan sekarang lekas teratasi, ya.

Baca Juga: