RajaKomen

Curug Citambur Cianjur, Tempat Healing dengan Suasana Khas Pegunungan

22 Mar 2022  |  41x | Ditulis oleh : Admin
Curug Citambur Cianjur, Tempat Healing dengan Suasana Khas Pegunungan

Indonesia mempunyai tidak sedikit potensi wisata di setiap daerahnya. Salah satunya ada di daerah Cianjur. Cianjur sendiri mempunyai wisata air terjun populer yang dijuluki Curug Citambur. Tempat wisata ini banyak didatangi oleh pengunjung dan sedang hits di lingkungan para anak muda untuk menghilangkan letih.

Penasaran pesona apa saja yang dapat anda peroleh dari Curug Citambur di Cianjur ini? Mari, simak bahasan lengkapnya berikut ini!

Pohon-pohonan hijau yang rindang nan sejuk

Bagi anda yang sedang mencari tempat untuk healing dengan suasana sejuk khas pegunungan, tempat wisata Curug Citambur meruapakan pilihannya. Destinasi wisata ini dikitari banyak pohon-pohonan yang hijau dan rindang yang lumayan tinggi dan pas sekali untuk dibuat menjadi foto instagramable.

Alamnya dapat membuat anda betah berlama-lama terlebih bila mengajak orang tersayang seperti keluarga, pasangan atau teman dekat.

Air terjunnya megah serta indah

Mendatangi tempat wisata ini sudah tentu objek utamanya yakni air terjun. Curug Citambur mempunyai air terjun berketinggian 130 meter dengan 2 tingkatan. Tingkatan yang pertama mempunyai ketinggian yang amat tinggi, yakni 100 meter.

Air yang jatuh terjun mengalir lumayan deras dan berkumpul di sebuah kolam yang lazim digunakan oleh kaum wisatawan untuk berenang maupun hanya bermain air. Airnya amat bening dan bersih dengan suhu yang relatif dingin. Anda akan asyik sekali bermain-main di destinasi wisata ini.

Ada rumah terbalik untuk spot foto favorit

Tak hanya air terjun dan pohon-pohonan hijaunya saja yang dapat anda jadikan untuk spot foto instagramable, salah satu spot lainnya yang dapat anda coba yakni rumah terbalik.

Bentuk rumah ini lumayan unik dari sebagian besar rumah biasanya, yakni dengan posisi terbalik. Kecuali rumah terbalik, anda pun dapat berfoto di gardu rumah pohon yang berlatar tulisan Curug Citambur. Di sejumlah spot, anda pun akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 untuk berfoto ria.

Sejarah nama yang unik

Curug Citambur di Cianjur ini mempunyai asal-usul nama yang unik terkait kisah dibaliknya. Nama Citambur itu sendiri asalnya dari Ci dan Tambur yang mengandung arti air dan alat musik.

Hal itu bisa terjadi dikarenakan air yang jatuh dari ketinggian itu amat deras dan mengeluarkan bunyi musik seperti halnya tambur yang tengah ditabuh.

Disamping itu, ada kisah lainnya yang diyakini oleh masyarakat lokal yakni pada zaman dulu air terjun ini adalah lokasi pemandian Prabu Tanjung Anginan. Selama menuju ke tempat pemandian itu, para pengawalnya selalu menabuh alat musik tambur.

Suara tabuhan tambur itu akhirnya menjadi ciri bahwa Sang Raja akan menuju ke curug. Oleh sebab itulah curug itu disebut Curug Citambur.

Lokasi cukup terjangkau dengan harga tiket ramah di kantong

Curug Citambur terletak di daerah Cianjur, Jawa Barat dengan rute yang dapat dilewati oleh kendaraan beroda dua dan empat. Tetapi, tak semua rute mempunyai jalan yang mulus sehingga anda harus sabar untuk dapat menikmati objek wisata itu.

Harga tiket masuk ke Curug Citambur dipastikan tak akan menguras kantong anda karena hanya dikenakan tarif sebesar Rp10.000 dengan biaya parkir Rp5.000 untuk kendaraan beroda empat dan Rp2.000 untuk kendaraan beroda dua. Anda juga dapat berhemat dengan mengalokasikan dana untuk kebutuhan lainnya.

Itulah pesona yang dapat anda temukan di tempat wisata yang ada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini. Tentunya akan amat worth it sebab pemandangannya ala di luar negeri.

Baca Juga: