RajaKomen

Bukit Anak Dara, Tempat Wisata Alam yang Mempesona di Lombok Timur

26 Agu 2022  |  67x | Ditulis oleh : Admin
Bukit Anak Dara, Tempat Wisata Alam yang Mempesona di Lombok Timur

Keindahan panorama alam di Lombok memang sanggup menarik hati siapa saja yang datang ke sana, malah untuk yang pertama kali bertandang. Lombok menyimpan tidak sedikit hidden gem yang menakjubkan, termasuk di wilayah Lombok Timur. Ada satu tempat wisata alam tersembunyi yang menarik sekali untuk anda jelajahi. Nama tempatnya adalah Bukit Anak Dara.

Apa saja daya pesona Bukit Anak Dara sehingga membuatnya wajib masuk ke dalam daftar tujuan perjalanan anda ketika liburan ke Lombok Timur?

Jalur Pendakian Mirip Gunung Rinjani

Bukit Anak Dara ternyata adalah salah satu bukit paling tinggi di daerah Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bukit ini berada pada ketinggian 1.937 meter di atas permukaan laut (mdpl). Bila anda hobi hiking dan ingin menguji kemampuan diri, tak ada salahnya untuk mencoba menaklukkan bukit ini. Menariknya lagi, jalur pendakian ke Bukit Anak Dara disebut-sebut mirip seperti Gunung Rinjani di NTB dengan treknya yang memutar.

Tanjakan Cinta Dan Poligami

Untuk mengawali pendakian menuju ke puncak Bukit Anak Dara, anda dapat memilih salah satu dari dua pos yang ad. Pertama, pos dengan suguhan pemandangan hutan. Pendakian dari pos yang pertama ini memerlukan waktu sekitar 3 jam dengan kemiringan medan nyaris 45 derajat. Ketika mendaki lewat pos 1, anda akan melalui tanjakan yang dinamakan Tanjakan Cinta.

Sedangkan melalui jalur pendakian di pos 2 anda akan melihat pemandangan Gunung Rinjani dan hamparan gili di seputar Bukit Anak Dara. Anda memerlukan waktu mendaki kira-kira 3 – 4 jam. Saat dalam perjalanan menuju ke puncak anda mesti melalui sebuah tanjakan yang termasuk unik sebab dinamakan Tanjakan Poligami. Tanjakan lumayan mudah dilewati dan lintasannya pun lebih pendek dibanding Tanjakan Cinta yang cukup menantang.

Mitos Yang Melegenda

Bukit Anak Dara ternyata menyimpan sebuah mitos yang masih dipercaya oleh kebanyakan masyarakat di Lombok Timur. Kabarnya bukit ini dijaga oleh dua dara (anak gadis) berparas cantik nan jelita. Ada yang menyatakan kalau 2 dara itu merupakan murid dari Dewi Anjani, yakni ratu yang dipercaya sebagai sang penjaga Gunung Rinjani.

Luput dari mitos itu, keindahan Bukit Anak Dara patut untuk anda lihat secara langsung. Bentuk bukitnya yang mengerucut memungkinkan anda bisa menikmati pemandangan alam secara panoramik (360 derajat). Puncak Bukit Anak Dara disebut sebagai salah satu spot paling baik untuk melihat indahnya pesona matahari terbenam di langit Lombok Timur.

Untuk memperoleh saat sunset terbaik, anda harus memulai pendakian pada pukul 1 siang. Adapun waktu terbaik untuk mendaki ke Bukit Anak Dara adalah antara bulan April hingga Oktober, ketika musim panas (kemarau).

Rute dan Harga Tiket Masuk

Bila anda ingin menyaksikan keindahan Bukit Anak Dara di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur, anda bisa berkendara dari pusat Kota Lombok lewat Jln. Raya Mataram – Labuhan Lombok serta Jl. Wisata Gunung Rinjani. Jarak tempuhnya kira - kira 65 kilometer atau memerlukan waktu kira-kira 2 jam berkendara.

Sesampainya di Desa Sembalun Lawang anda dapat membawa kendaraan hingga ke bawah kaki bukit dan memarkirnya di sana. Untuk masalah biaya parkir, per sepeda motor dipungut biaya sebesar Rp5.000 dan Rp10.000 untuk mobil. Anda pun perlu membayar tiket masuk ke Bukit Anak Dara sebesar Rp10.000 per orang.

Nah dari lokasi parkiran ini anda mesti melanjutkan perjalanan dengan mendaki sampai tiba di puncak Bukit Anak Dara. Menilik medan pendakian yang lumayan ekstrem, pastikanlah anda datang dalam keadaan fisik yang fit dan bugar. Yuk atur jadwal yang tepat dari saat ini supaya rencana ke Bukit Anak Dara di Lombok Timur dapat terwujud.

Baca Juga: