RajaKomen

5 Tempat Wisata Hits di Kalimantan Selatan yang Wajib Dikunjungi

12 Mar 2022  |  98x | Ditulis oleh : Admin
5 Tempat Wisata Hits di Kalimantan Selatan yang Wajib Dikunjungi

Provinsi Kalimantan Selatan terkenal dengan Banjarmasin sebagai ibu kotanya. Saat bertandang ke Kalimantan Selatan, salah satu yang tidak sedikit dicari oleh banyak orang ialah kulinernya. Beberapa di antaranya ialah Nasi Kuning, Lontong Orari, Soto Banjar, dan sebagainya.

Tetapi, di samping wisata kuliner yang enak, wisata hits di Kalimantan Selatan pun tidak dapat dilewatkan. Di bawah ini sejumlah lokasi wisata di Kalsel yang harus anda datangi.

Wisata di Kalimantan Selatan

Ada beberapa lokasi wisata di Kalimantan Selatan yang dapat anda coba, entah itu pantai, bukit, atau museum. Di bawah ini sejumlah saran untuk anda.

Pasar Terapung

Pasar terapung Banjarmasin merupakan sesuatu yang tidak dapat dilewatkan saat anda berada di Kalimantan Selatan. Selaras namanya, di Pasar Terapung anda akan mendapatkan penjual yang menjajakan beberapa barang dagangannya di atas jukung ataupun perahu tradisional yang pengapung di atas sungai.

Ada sejumlah pasar terapung yang bisa anda datangi saat ada di Banjarmasin, yakni Pasar Terapung Siring, Pasar Terapung Muara Kuin, dan Pasar Terapung Lok Baintan.

Gua Batu Hapu

Seterusnya, ada Gua Batu Hapu untuk anda yang senang wisata alam. Di sini, anda akan menemui stalagtit dan stalagmit yang mengagumkan. Gua Batu Hapu berada di Desa Batu Hapu, Kecamatan Hatuang, Tapin, Kalimantan Selatan.

Lebih istimewanya lagi, gua ini ada di tengah pegunungan sehingga untuk memandang keelokan gua anda harus melakukan ekspedisi yang barangkali akan agak meletihkan menaiki anak tangga. Tetapi, anda akan merasakan udara yang sejuk dan panorama yang menawan.

Danau Caramin

Wisata hits di Kalimantan Selatan seterusnya ialah Danau Caramin. Danau Caramin merupakan salah satu wisata Banjarbaru yang ada di Kecamatan Ulin, tepatnya di Jalan A. Yani.

Danau Caramin ini bukanlah termasuk danau alami atau dapat dikatakan selaku danau buatan. Danau ini terjadi lantaran air hujan yang mengisi bekas area galian bahan tambang ini. Air yang terdapat di danau ini sangat bening. Pantulan sinar matahari mengakibatkan danau ini nampak laksana kaca, dan dari situlah asal namanya berawal. Tidak hanya menikmati kecantikan danau, anda pun bisa berkelana memakai perahu.

Bukit Rimpi Pelaihari

Bukit Rimpi berada di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. Dari Kota Pelaihari, anda harus menempuh perjalanan selama 30 menit untuk hingga di sini, sebaliknya bila berangkat dari Banjarmasin, perjalanan yang mesti ditempuh ialah selama sekitar 2 jam.

Populer pula dengan julukan Bukit Teletubbies, Bukit Rimpi adalah savannah hijau dengan panorama yang amat asri dan mengagumkan. Tidak hanya panorama hijau, anda pun dapat menyaksikan hewan diternakkan yang tengah merumput di sini.

Air Terjun Bajuin

Seterusnya, ada wisata alam hits yang sayang buat dilewatkan, yakni Air Terjun Bajuin. Air Terjun Bajuin berada di Kabupaten Tanah Laut, tepatnya di Desa Sungai Bakar, Bajuin, Pelaihari. Bila anda berasal dari pusat kota Pelaihari, anda akan menempuh perjalanan dengan waktu kira-kira 30 menit, sementara itu bila anda berangkat dari Banjarmasin, waktu yang dibutuhkan kira-kira 2 jam.

Air terjun yang dingin dan sejuk ini ada di atas pegunungan. Tidak hanya airnya yang amat menyejukkan, udaranya juga amat sejuk dan dilingkari oleh pohon-pohonan yang rimbun. Di tempat ini, terdapat sejumlah air terjun yang posisinya bersebelahan dengan ketinggian yang berlainan.

Untuk menyaksikan panorama dan menikmati pengalaman yang mengasyikkan bermain air di air terjun ini, anda cukup membayar tiket masuk sebanyak Rp10.000 setiap orangnya.

Demikianlah 5 tempat wisata hits di Kalimantan Selatan yang bisa anda datangi saat pergi ke Banjarmasin ataupun kota yang lain. Selamat liburan dan tetap perhatikan prokes!

Baca Juga: