Tryout.id

Asyiknya Bersantap Udon Sanuki, Bisa Bikin Sendiri dan Dapat Sertifikat

17 Mei 2022  |  89x | Ditulis oleh : Admin
Asyiknya Bersantap Udon Sanuki, Bisa Bikin Sendiri dan Dapat Sertifikat

Di Jepang terdapat empat pulau utama, yaitu Hokkaido, Honsu, Kyushu, dan Shikoku. Pulau Shikoku mungkin sangat jarang terdengar dibandingkan tiga pulau utama lainnya. Namun, Shikoku yang merupakan pulau terkecil di antara tiga pulau lainnya menarik dikunjungi, terutama pada musim gugur dan semi. Apalagi di sini terdapat kuliner istimewa dan lezat bernama udon sanuki.

Udon merupakan jenis mi yang terkenal di Jepang dan terbuat dari campuran tepung gandum, garam, dan air. Di antara berbagai jenis udon, udon sanuki merupakan udon khas Pulau Shikoku, atau tepatnya kuliner khas Kagawa. Nama Provinsi Kagawa sendiri sebelumnya adalah Sanuki. Udon sanuki dipercaya sebagai udon terlezat dengan bentuknya yang persegi panjang.

Di Kagawa, dengan mudah kita dapat menemukan restoran udon yang menawarkan self-service udon sanuki. Dengan membayar 500 yen, kita disediakan adonan udon lengkap dengan bahan, bumbu, dan peralatan untuk membuat dan memasak udon. Yang pertama dilakukan adalah menggiling adonan udon yang sudah diuleni dengan gilingan kayu. Ukuran tebal dan panjang udon yang dibuat sesuai dengan keinginan atau selera pembuat. Kemudian, udon dimasak dalam air yang sudah mendidih dan siap dimakan dengan kuah dan bumbu yang tersedia.

Sebagai kenang-kenangan, pemilik restoran udon menyiapkan sebuah sertifikat dengan nama pembuat/pemasak udon. Sertifikat tersebut ditulis dengan menggunakan campuran huruf hiragana dan kanji, sementara nama yang tertulis bisa ditulis dalam huruf latin, katakana, ataupun kanji. Jika kita ingin membawa pulang udon sebagai oleh-oleh, tersedia pula udon kering kemasan dan dimasak dengan merebusnya terlebih dahulu. Sementara untuk kuahnya kita bisa membeli kuah udon dalam kemasan secara terpisah.

Selain udon sanuki, restoran udon pun menyediakan makanan berupa kuning telur mentah yang dimakan dengan kecap asin. Ada juga aneka aneka makanan laut yang dimakan dengan sambal cocolan wasabi. Jika merasa kurang cocok dengan wasabi, kita bisa makan aneka makanan laut dengan soyu atau kecap asin ditambah cabai bubuk.

Sementara Kagawa terkenal dengan udon Sanuki, maka Ehime dan Kochi terkenal dengan jeruknya. Kochi sendiri merupakan kota pertanian. Penduduk di Pulau Shikoku percaya bahwa jeruk yang berasal dari Ehime atau Kochi sangat kaya akan kandungan vitamin C. Itulah mengapa jika ada yang mengalami kekurangan vitamin C maka mengkonsumsi jeruk yang berasal dari Ehime atau Kochi merupakan salah satu alternatif penyembuhan.

Berita Terkait
Baca Juga: