Tryout.id

Stress di Tempat Kerja Ternyata Bisa Memicu Penyakit Serius, Begini Solusi Mengatasinya!

9 Agu 2022  |  211x | Ditulis oleh : Admin
PFI Mega Life

Saat kita sedang berada di usia produktif tentunya sebagai orang yang paling diandalkan untuk mencari nafkah, kita dituntut untuk terus semangat bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan bergabung di perusahaan dan bekerja di kantor. Semua karena gaji yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut memang sesuai dan sedang kita butuhkan untuk menopang biaya hidup sehari-hari. Selain itu perusahaan juga pada umumnya akan memberikan penanggungan Biaya Asuransi demi memikat kita sebagai karyawan untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut.

Karena kebutuhan kita, mau tidak mau kita pun selalu mematuhi semua peraturan yang ada di kantor atau tempat kita bekerja. Walaupun sedang banyak masalah tapi kewajiban kita tentu tidak bisa kita tinggalkan, apalagi jika Anda adalah sebagai tulang punggung yang wajib menafkahi  keluarga yang kita sayangi.

Kita pun akan menghabiskan sebagian besar waktu harian kita di kantor tak hanya untuk bekerja, tapi juga bersosialisasi dengan rekan kerja dan atasan. Karenanya wajar bila di tengah tuntutan pekerjaan dan pola pergaulan akan selalu mempengaruhi kesehatan mental kita di tempat kerja. Meski hal ini sering diabaikan, namun stress di tempat kerja ternyata bisa berdampak serius, baik bagi kesehatan mental maupun fisik.

Untuk itu kita dituntut untuk tetap menjaga kondisi kesehatan kita agar tetap bisa menjalani aktivitas harian dengan cara yang sehat atau tidak stress akibat berbagai tekanan. Berikut ini adalah beberapa dampak yang bisa dirasakan jika Anda sampai stress berat, dan solusi tepat mengatasinya;

Dampak Stress di Kantor

Dampak yang bisa Anda rasakan dalam jangka pendek antara lain seperti sakit kepala, sakit perut, nyeri dada, kelelahan, mual-mual hingga muntah. Sedangkan dalam jangka panjang, stres berat di tempat kerja dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti migrain, tekanan darah tinggi akibat meningkatnya kadar hormon kortisol dalam tubuh, kenaikan kadar gula darah karena perubahan pola hidup akibat stres yang menyebabkan diabetes, serta lonjakan emosi yang ekstrim karena kelainan otot dan fungsi jantung yang ditandai dengan nyeri dada dan sesak napas sehingga menimbulkan depresi.

Cara Atasi Stress di Kantor

Untuk cara mengatasi stress di kantor atau tempat kerja, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah mencari faktor penyebabnya. Karena akan banyak hal yang bisa menyebabkan Anda stress ketika di tempat kerja, bisa juga karena masalah keluarga yang dibawa ke tempat kerja, banyak tekanan, atau kurang istirahat. Nah! Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba beberapa hal seperti berikut ini;

Melakukan perubahan suasana ruangan atau meja kerja secara berkala semisal menambahkan pajangan atau bingkai foto yang membuat anda betah dan merasa nyaman.

  • Mengatur waktu dan item pekerjaan dengan baik dan tersusun daftarnya sesuai prioritas.
  • Berbagi cerita dan keluhan baik kepada pasangan maupun orang terdekat mengenai tekanan kerja yang Anda rasakan agar mendapatkan dukungan dan saran dari mereka. Sebaiknya kita jangan memendam stres sendiri.
  • Nikmati waktu libur dengan baik dan lakukan kegiatan yang menyenangkan saat libur tiba. Jika ada waktu, pergilah ke tempat wisata yang ingin Anda kunjungi agar pikiran kembali segar.
  • Membicarakan keluhan yang membuat stres kepada atasan dan manager di kantor Anda.
  • Mega Hospital Investa Sebagai Perlindungan Jiwa

Setelah kita mengerti cara mengatasi stress di tempat kerja, tentu saat ini kita semakin paham akan bahaya stress dan cara menanggulanginya. Selain melakukan perubahan pada kondisi dan pola kerja untuk pengelolaan stress yang lebih baik, kita juga bisa memilih produk yang mengcover Biaya Asuransi jiwa investasi juga akan meningkatkan benefit dari perlindungan asuransi yang kita miliki.

Salah satu produk yang sangat direkomendasikan adalah Mega Hospital Investa. Sebagai salah satu produk unggulan yang dikeluarkan oleh PT PFI Mega Insurance, Mega Hospital Investa adalah asuransi kesehatan yang pembayaran preminya dapat dilakukan secara tahunan dan bulanan. Untuk usia tertanggung, ia mencakup dari umur 6 bulan sampai 59 tahun yang memberikan perlindungan manfaat asuransi lengkap yaitu manfaat Santunan Harian Rawat Inap, No Claim Bonus, dan Santunan Meninggal Dunia.

Berita Terkait
Baca Juga: