Tryout.id

Inilah Fakta Seputar Operasi Bariatrik yang Dijalani Melly Goeslaw

26 Jul 2022  |  29x | Ditulis oleh : Admin
Inilah Fakta Seputar Operasi Bariatrik yang Dijalani Melly Goeslaw

Melly Goeslaw, penyanyi sekaligus pencipta lagu, telah melakukan operasi bariatrik beberapa waktu lalu. Barangkali banyak dari kita yang penasaran dan bertanya-tanya, sebetulnya apa sih operasi bariatrik yang dijalani oleh Melly Goeslaw itu dan apakah manfaatnya?

Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu, kali ini sudah dirangkum seputar operasi bariatrik. Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Operasi Bariatrik?

Operasi bariatrik merupakan sebuah prosedur yang dilakukan untuk mengecilkan lambung dan membantu mengurangi berat badan. Prosedur ini sering dilakukan oleh mereka yang mengalami obesitas atau berat badan yang berlebihan.

Penting diketahui, jika obesitas merupakan salah sebuah hal serius yang bisa menambah risiko timbulnya penyakit berbahaya, seperti stroke dan jantung. Pada pengidap obesitas yang terancam masalah kesehatan dan tak dapat mengurangi berat badan, dianjurkan buat menjalankan tindakan bariatrik.

Sesudah operasi bariatrik, umumnya asupan dan penyerapan makanan akan berubah bersamaan dengan bentuk lambung yang pula berubah. Sehingga hal ini bisa membuat kenaikan hormon inkretin yang mengakibatkan gula darah terkontrol sesudah operasi.

Jenis-jenis Operasi Bariatrik

Terdapat empat jenis operasi bariatrik yang biasa dilaksanakan, salah satunya ialah:

Gastric Bypass

Untuk jenis operasi bariatrik yang pertama ini, dokter akan pisahkan lambung jadi dua bagian, yakni bagian atas yang mempunyai ukuran lebih kecil dan bagian bawah yang lebih besar.

Demikian juga dengan usus halus yang akan dipotong jadi lebih pendek, selanjutnya akan dihubungkan dengan area lambung yang yang mempunyai ukuran kecil. Tujuan operasi ini buat mengurangi ruangan tampung makanan di lambung, dan mengurangi peresapan gizi dari santapan di usus halus.

Sleeve Gastrectomy

Berlainan dengan jenis sebelumnya, teknik yang memiliki nama Sleeve Gastrectomy ini dilaksanakan dengan langkah membuang kira-kira 75-80 % bagian lambung. Bagian lambung yang disisakan yang memiliki bentuk langsing dan memanjang seperti pisang.

Dengan demikian, daya tampung lambung akan menurun secara berarti, dan pasien akan lebih mudah kenyang sesudah menjalani tindakan pemangkasan lambung itu.

Adjustable Gastrc Band

Jenis yang selanjutnya ialah Adjustable Gastrc Band. Teknik operasi yang satu ini, dilaksanakan dengan langkah mengikat lambung dengan piranti khusus yang menyerupai cincin.

Sesudah alat itu telah dipasang, selanjutnya akan dikencangkan dan dikendurkan menurut kebutuhan. Ikatan itu bertindak selaku pembatas jumlah makanan yang dikonsumsi, dan bikin kenyang lebih cepat.

Biliopancreatic Diversion with Duodenal Switch

Langkah operasi ini, akan memungkinkan lambung buat dipotong dan disambung langsung dengan bagian usus halus. Sesudah menjalankan langkah ini, makanan akan bercampur dengan asam lambung, cairan empedu, dan enzim pencernaan di usus besar. Dari 3 jenis sebelumnya, sistem ini dikatakan paling beresiko mengakibatkan seorang kekurangan gizi.

Apa Manfaat Operasi Bariatrik?

Ada bermacam manfaat dari operasi bariatrik, baik dengan cara fisik atau psikis. Adapun manfaatnya sebagai berikut ini:

Manfaat dari menjalankan operasi bariatrik yang pertama, yakni bisa menghasilkan pengurangan berat badan yang bertahan di dalam kurun waktu panjang. Seperti suatu riset yang memperlihatkan, kalau lebih dari 90 % pengidap obesitas yang menjalankan operasi itu, bakal merasakan pengurangan berat badan dan tinggal minimal satu tahun.

Operasi bariatrik pun sanggup menambah angka harapan hidup. Hal ini sudah ditunjukkan lewat suatu riset. Di mana, seorang pasien yang mengidap obesitas dan menjalankan operasi itu, mempunyai usia harapan hidup yang tinggi.

Manfaat yang selanjutnya, yakni bisa menghambat penyembuhan masalah kesehatan lain. Seperti diabetes type 2, tekanan darah tinggi, sleep apnea, nyeri lutut, penyakit asam lambung, cholesterol tinggi, dan perlemakan hati.

Resiko Operasi Bariatrik

Walau mempunyai manfaat yang mengagumkan, apalagi untuk mereka yang menderita obesitas, tetapi di segi lain, operasi ini pun mempunyai resiko, loh. Apa saja resikonya?

  • Infeksi.
  • Kebocoran pada lambung atau usus yang dijahit.
  • Kesusahan bernapas
  • Pendarahan.
  • Timbulnya emboli, yakni pembekuan darah yang bisa terbawa ke organ tertentu. Seperti otak, paru-paru, dan jantung. Bila tak diobati, keadaan ini dapat mengancam nyawa.

Demikian pembahasan mengenai operasi bariatrik yang dijalani oleh Melly Goeslaw. Mudah-mudahan info ini berguna!

Baca Juga: