RajaKomen

6 Cara Mengatasi Bau Kaki Secara Alamiah

14 Mei 2022  |  122x | Ditulis oleh : Admin
6 Cara Mengatasi Bau Kaki Secara Alamiah

Semerbak harum bunga yang berhembus di dalam ruangan tentunya menyegarkan dan meningkatkan mood. Akan tetapi, kalau tiba-tiba di dalam ruangan kantor ataupun rumah menyeruak bau kaki? Yakinlah bahwa semua semangat akan layu pada saat itu juga.

Bau kaki memang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Bukan hanya itu menunjukkan ada masalah kesehatan dan kebersihan diri, tetapi itu pun mengakibatkan masalah dalam pergaulan dan urusan bisnis.

Secara umum, bau kaki itu disebabkan adanya perpaduan keringat dan bakteri. Keduanya memang berkembang dengan mudah dalam kondisi lembap seperti kaki di dalam sepatu. Kelenjar keringat di telapak kaki memang bisa menghasilkan keringat banyak. Mekanismenya, saat keringat itu bersatu dengan bakteri, maka akan menghasilkan isovaleric acid, sejenis zat asam yang menghasilkan bau.

Selain itu, terkadang stres juga menjadi pemicunya. Pada beberapa orang, stres mengakibatkan munculnya keringat berlebih. Ditambah ada bakteri, apalagi jamur di kaki atau sepatu, maka zat asam tadi akan langsung menghasilkan bau. Informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber menyatakan bahwa kondisi keringat berlebih itu disebut hiperhidrosis.

Langkah utama untuk mencegah masalah bau kaki adalah kebersihan. Yang pertama adalah sering mencuci kaki sampai bersih dan dikeringkan sebelum menggunakan sepatu. Langkah kedua, pastikan semua perlengkapan alas kaki itu dalam kondisi bersih. Sepatu pun tentu harus bersih. Sepatu harus sering dibersihkan dan dijemur supaya tidak lembap. Sebaiknya, sediakan sepatu lebih dari satu supaya pemakaiannya pun bisa berganti setiap hari. Selain itu perhatikan juga bahan-bahan kaus kaki dan sepatu itu. Upayakan menggunakan kaus kaki yang memiliki bahan menyerap keringat. Untuk sepatu, bahan kulit memang umumnya lebih baik daripada yang sintetis.

Untuk mengatasi bau kaki ternyata ada banyak kiat dan trik yang bisa dilakukan sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemui di rumah. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda ikuti yang dihimpun dari berbagai sumber di internet.

  • Rendam kaki Anda dengan teh atau lemon. Ini juga bisa mengatasi keringat dan mengurangi bau. Lakukan minimal satu kali seminggu.
  • Rendam kaki dengan air yang sudah dicampur dengan soda kue (baking soda). Soda kue bukan untuk mengurangi kadar keringat, tetapi meminimalisasi jumlah bakteri yang menyebabkan bau yang dihasilkan pada kaki. Soda kue juga dapat dimanfaatkan untuk menyerap bau yang tidak disukai oleh indra penciuman kita.
  • Rendam kaki pada air yang sudah dicampur obat kumur satu kali sehari. Kandungan pada obat kumur akan mengusir bakteri yang menyebabkan bau, seperti saat menyegarkan mulut.
  • Masukkan selembar kertas pengering pada sepatu. Kecuali bisa menyerap aroma busuk yang ditimbulkan oleh sepatu dan keringat. Guna lainnya kertas pengering ialah mempertahankan sepatu selalu segar.
  • Lumuri kaki dengan tepung maizena saat kondisinya benar-benar kering. Jangan lupa juga untuk melumurinya di sela-sela jari kaki.
  • Kopi selalu digunakan sebagai bubuk jitu menghilangkan berbagai bebauan. Hal itu pun bisa diterapkan ke kaki yang bau. Caranya bisa dengan melumuri bubuk kopi di kaki dan sela-sela jari. Selain itu, bisa juga memasukkan bubuk kopi ke dalam plastik silikon dan disimpan di bagian bawah sepatu Anda.
Berita Terkait
Baca Juga: