Hijab.id

5 Menu Sarapan Bagi Pengidap Asam Lambung yang Aman dan Menyehatkan

24 Jun 2022  |  168x | Ditulis oleh : Admin
5 Menu Sarapan Bagi Pengidap Asam Lambung yang Aman dan Menyehatkan

Pengidap asam lambung, umumnya kerap bingung dalam menentukan menu sarapan. Karena, saat keliru memilih makanan, cuma akan menyebabkan asam lambungnya bertambah meningkat. Hal ini pasti amat menjengkelkan dan menyulitkan. Tetapi, saat ini anda tak usah cemas lagi. Karena terdapat sejumlah inspirasi menu sarapan bagi pengidap asam lambung yang tentunya aman dan bikin sehat.

Mengutip dari beberapa sumber, ini dia inspirasi sarapan yang dapat anda coba.

1. Oatmeal

Oatmeal terkenal sebagai menu sarapan sehat yang bagus buat jantung. Kecuali itu, santapan yang asalnya dari biji gandum ini, pula bisa menyerap asam lambung, sehingga merupakan opsi yang amat baik untuk mengurangi refluks asam. Anda dapat menyantap oatmeal dengan beragam langkah, umpamanya dengan menambahkannya dengan buah pepaya. Buah yang memiliki kandungan enzim papain ini terbukti bisa menjadi obat mengatasi maag. Cara menyajikan oatmeal juga simpel, dapat dibikin overnight oatmeal, atau diolah dahulu seperti bubur baru dibubuhi tambahan buah pepaya.

2. Buah rendah Asam

Buah-buahan dapat dibuat sebagai menu sarapan sehat yang tepat bagi pengidap asam lambung. Tetapi, hindarilah buah yang memiliki kandungan kadar asam tinggi, seperti nanas, kiwi, dan buah citrus lainnya. Ada baiknya pilih buah rendah asam buat memulai hari lebih sehat. Berbagai opsi yang aman ialah apel, pisang, semangka, pir, dan melon.

3. Smoothies

Inspirasi menu sarapan yang aman buat pengidap asam lambung selanjutnya ialah smoothies. Minuman yang menjadikan segar ini diperkaya dengan vitamin yang menyehatkan. Bila ingin jadikan smoothies selaku menu sarapan, anda dapat mengombinasikan banyak jenis buah favoritmu. Contohnya buah strobery dan buah-buahan beku yang lain non jeruk. Anda pun dapat menyematkan selai kacang ke protein dan satu sendok susu almond ke cream. Karena dijadikan smoothies, pasti bakal amat menyingkat waktumu. Tinggal blend seluruh buah-buahan yang ada.

4. Daging Minim Lemak

Mengkonsumsi daging sebagai menu sarapan bukan masalah yang jelek karena dapat mencukupi keperluan protein harian. Tetapi, jauhilah daging tinggi lemak seperti bacon dan sosis. Karena, kedua jenis daging itu termasuk lamban dicerna dan dapat menyulut meningkatnya asam lambung. Karena itu, anda dapat milih daging rendah lemak yang aman bagi pencernaan. Misalkan, dada ayam, daging ham, dan daging rendah lemak yang lain.

5. Telur

Telur adalah pilihan protein yang bagus buat menu sarapan untuk mereka yang mengidap asam lambung. Menurut suatu penelitian dalam Journal of Nutrition pada 2015 lalu, telur disebut sebagai makanan rendah kalori. Di samping itu, protein dalam telur pun dapat menyebabkan perut lebih kenyang dari karbohidrat dan lemak. Masalah ini artinya telur bisa menolong anda merasa kenyang lebih lambat. Tetapi, dianjurkan untuk tak mengonsumsi kuning telur dengan cara terlalu berlebih, khususnya kuningnya. Anda dapat mengolahnya dengan diceplok, didadar, dibikin omelette, atau direbus supaya lebih sehat. Amat praktis, kan?

6. Umbi-umbian

Umbi-umbian seperti kentang, ubi, dan singkong adalah menu sarapan yang bagus untuk pengidap asam lambung. Menurut IFFGD, umbi-umbian memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Umbi-umbian ini banyak mengandung nutrisi dan serat yang amat baik. Namun, anda perlu memerhatikan cara pengolahannya. Para peneliti menyarakan untuk merebus ataupun mengukus umbi ketimbang menggorengnya. Walau simpel, tetapi manfaatnya amat mengagumkan.

Itu tadi berbagai inspirasi menu sarapan yang cocok bagi pengidap asam lambung. Jadi, anda taidak usah bingung lagi dalam memilih menu sarapan yang nikmat, tetapi tak menyebabkan asam lambung meningkat. Mudah-mudahan berguna!

Baca Juga: