RajaKomen

Supaya Bulu Mata tidak Rontok dan Tetap Lentik, Ikuti Tips Ini!

6 Mei 2022  |  124x | Ditulis oleh : Admin
Supaya Bulu Mata tidak Rontok dan Tetap Lentik, Ikuti Tips Ini!

Apa anda tengah mengalami kerontokan bulu mata yang serius? Atau anda tengah mencari tips supaya bulu mata tidak rontok? Tenang, anda dapat mendapatkan jawabannya dalam pembahasan berikut ini.

Bulu mata merupakan bagian dari mata yang bisa menjaga mata dari debu dan kotoran di luar. Bulu mata pun bisa menghindari infeksi, cidera, dan melindungi pandangan tetap jernih. Seperti bulu yang lain pada tubuh, bulu mata pun dapat mengalami kerontokan. Secara wajar, bulu mata akan rontok tiap-tiap enam sampai 10 minggu lalu ganti yang baru.

Tetapi, terdapat berbagai keadaan yang dapat menyebabkan bulu mata rontok parah sampai mengalami kebotakan. Ketahui penyebab dan tips supaya bulu mata tidak rontok berikut ini, yok!

Penyebab bulu mata rontok

Terdapat berbagai hal yang dapat membuat bulu mata anda rontok. Dikutip dari beragam sumber, yang menyebabkannya mencakup:

Iritasi. Iritasi karena pemakaian produk kosmetik seperti jepit atau perpanjangan bulu mata pun dapat jadi pemicu bulu mata rontok. Atau, bulu mata rontok pun dapat berlangsung karena anda kurang betul dalam menghilangkan maskara.

Blefaritis. Rasa gatal atau terbakar diikuti lebam kemerahan pada kelopak mata bisa jadi tanda-tanda blepharitis. Blepharitis merupakan keadaan yang timbul saat kelenjar minyak yang mampet di dekat pangkal bulu mata mengakibatkan infeksi akut dan gangguan pada folikel bulu mata.

Trikotilomania. Keadaan ini merupakan keadaan yang bisa timbul saat seorang merasakan tekanan emosional atau psikis membuat seorang mengambil bulu matanya sendiri secara rutin.

Kanker kulit. Walau jarang berlangsung, tanda-tanda kanker kulit di kelopak mata pun dapat jadi pemicu bulu mata rontok. Kanker bisa menghambat pertumbuhan bulu mata karena beberapa sel berbahaya menjalar. Di samping itu, menjalani kemoterapi pun bisa menyebabkan bulu mata rontok.

Stres. Hormon dalam tubuh yang terkait dengan taraf stres pun bisa mendorong reaksi yang menyebabkan bulu mata nampak lebih tipis.

Tips supaya bulu mata tidak rontok

Supaya bulu mata tidak rontok, terdapat berbagai cara yang dapat anda perbuat. Mulai dari beberapa hal kecil yang bisa jadi rutinitas setiap hari, misalnya:

Tidak boleh menggosok bulu mata terlampau keras. Saat membersihkan dandanan di bagian mata, jauhi menggosok bagian mata secara keras, ya. Pakailah produk pencuci wajah dengan gerakan yang halus. Bila anda menggosokan kapas dengan cara kasar, bagian mata pun mempunyai potensi menderita iritasi.

Ganti maskara. Buatan maskara yang tak sesuai bisa jadi menyebabkan bulu mata rontok. Coba ganti maskara anda dengan maskara merk lain atau coba berganti dari formulasi waterproof ke non-waterproof.

Pastikan wajah bersih saat sebelum tidur. Bulu mata yang dilapis dengan maskara akan lebih ringkih dan gampang patah. Di samping itu, menggosokan wajah ke bantal sepanjang malam pun bisa mengakibatkan bulu mata rontok.

Jauhi pemakaian penjepit bulu mata. Penjepit bulu mata ialah alat yang berperan untuk memperindah penampilan bulu mata. Tetapi, jika dipakai dengan metode yang keliru anda dapat menjadikan bulu mata rontok.

Lepaskan bulu mata palsu dengan berhati-hati. Jika lemonizen memakai bulu mata palsu atau eyelash extension, pastikan anda melepasnya dengan berhati-hati. Karena kedua buatan ini memakai lem perekat yang lumayan lekat sehingga dapat menarik bulu mata asli anda.

Pakai produk serum bulu mata. Produk perawatan serum bulu mata dapat menolong tumbuhkan dan menguatkan bulu mata. Pakai produk ini secara teratur dan lihatlah hasilnya.

Basuh wajah dan kelopak mata secara bersih. Upaya yang lain dapat anda jalani sebagai panduan supaya bulu mata tidak rontok ialah membersihkan mencuci mata dengan sabun yang halus dan air mengalir. Jauhi pula menggosok bagian mata ketika bersihkan wajah.

Melindungi konsumsi nutrisi. Mengonsumsi santapan sehat seperti buah-buahan, sayur, protein, dan zat besi yang lumayan pula akan menunjang kesehatan dan perawatan bulu mata yang panjang dan penuh.

Demikian tips supaya bulu mata tidak rontok, lentik, dan terpelihara. Mudah-mudahan panduan di atas bisa membantu anda, ya.

Berita Terkait
Baca Juga: