Hijab.id

Sebaiknya Stop Pemakaian Produk Make up Bila Gejala Ini Timbul di Kulit

12 Mei 2022  |  180x | Ditulis oleh : Admin
Sebaiknya Stop Pemakaian Produk Make up Bila Gejala Ini Timbul di Kulit

Untuk sebagian orang, memakai produk make up telah jadi rutinitasnya tiap hari. Sejak maskara, pensil alis, bedak, lipstik, dan masih banyak lagi produk make up yang dapat bikin penampilan wajah menjadi lebih menarik dan fresh. Baik buat ke acara rileks, bekerja sampai ke acara yang lebih formal seperti acara pesta.

Walau bisa bikin tampilan jadi lebih menarik, produk make up pun dapat menyajikan efek negatif di kulit wajah dan pemakaiannya mesti secepatnya dihentikan. Mungkin karena reaksi alergi, perbedaan, atau produk telah masuk saat kedaluwarsa.

Berikut ini gejala yang timbul ketika anda mesti stop memakai make up.

Timbul infeksi

Infeksi di kulit bisa dicirikan dengan timbulnya ruam, kulit bersisik, kering, merah sampai gatal. Infeksi dapat timbul di beberapa bagian muka yang anda terapkan dengan buatan make up. Contohnya di bagian pipi, mata, dagu, ataupun bibir. Mencuplik Medicinenet, infeksi di kulit seringkali timbul pada wanita dibanding dengan lelaki karena wanita condong lebih banyak memakai produk make up.

Sebagian orang dapat menderita infeksi langsung sesudah memakai produk make up. Tetapi, sebagian yang lain pun dapat merasakan infeksi sesudah satu ataupun 2 hari menerapkan produk make up.

Infeksi

Salah sebuah bagian yang paling peka dengan produk make up ialah mata. Walau sebenarnya, ada berbagai produk make up yang bisa dipakai di bagian mata. Sejak eyeshadow, eyeliner, concealer, bulu-bulu mata palsu, maskara dan lain-lain. Saat produk make up tak sesuai, anda dapat merasakan iritasi yang lantas menyulut berlangsungnya infeksi. Saat infeksi, mata dapat merasakan tanda-tanda seperti merah, gatal ataupun berair.

Untuk itu, The Food and Drug Administration menganjurkan supaya senantiasa membaca kandungan produk saat sebelum memakainya di bagian mata. Hendaknya, jauhi produk yang memiliki kandungan bahan kimia beresiko dan tidak boleh asal-asalan memakai produk yang tak ditujukan di bagian mata. Pastikan pula anda tetap membersihkan bagian mata dengan cermat supaya beberapa sisa buatan tak menyisakan bekas di bagian kulit mata dan menyulut garis-garis hitam.

Kulit terlampau kering atau berminyak

Produk make up yang tak pas di kulit pun dapat menyebabkan tampilan kulitmu jadi jelek. Pemilik kulit kering dapat merasakan keadaan kekeringan yang serius ketika produk make up yang dipakai tak sesuai. Sedangkan, pemilik kulit berminyak pun dapat merasakan keadaan berminyak yang lebih berat ketika memakai buatan make up yang tak sesuai.

Timbul jerawat atau breakout

Sesungguhnya ada berbagai pemicu munculnya jerawat di wajah. Sejak aspek santapan, stres, sampai metode tidur. Tetapi buatan make up pun mungkin salah sebuah yang menyebabkannya. Dikutip dari verywellhealth, buatan make up yang tak mempunyai label non-comedogenic, dapat memiliki kandungan bahan yang gampang menutup pori-pori akibatnya jerawat timbul lebih cepat. Untuk itu, perlu untuk anda mengecek label pada tiap produk make up yang anda pakai.

Bila gejala di atas timbul dan menyebabkan keadaan kulit makin berat, hendaknya anda melakukan kosultasi dengan dokter guna memperoleh penanganan yang tepat.

Berita Terkait
Baca Juga: