Hijab.id

5 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Rambut

24 Feb 2022  |  152x | Ditulis oleh : Admin
5 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Rambut

Buah pisang tidak hanya terkenal lantaran bagus dimakan bagi kesehatan tubuh, nyatanya pula mempunyai manfaat untuk menyehatkan rambut. Manfaat pisang buat rambut ini dapat membantu anda memperoleh rambut yang kuat, sehat, serta bebas ketombe yang pastinya dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Supaya mendapatkannya, anda dapat mengganti pisang jadi masker rambut. Inilah berbagai manfaat dari pisang untuk rambut:

1. Atasi Ketombe

Selama berabad-abad, kulit pisang, daun, bunga, serta buahnya sudah terkenal dimanfaatkan untuk ramuan pengobatan bermacam macam penyakit. Riset yang diumumkan dalam jurnal Avicenna Journal of Medical Biotechnology, memperlihatkan bahwa ekstrak dari beberapa potongan pisang memang mempunyai karakter antioksidan serta antibakteri.

Tanda ketombe yang diakibatkan oleh iritasi, kekeringan, patogen jamur serta bakteri bisa ditangani dengan mengaplikasikan masker pisang ke kulit kepala. Hal ini lantaran pisang bisa meningkatkan kelembapan dan membersihkan kulit kepala dari bakteri serta jamur penyebab ketombe.

2. Atasi Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering umumnya diakibatkan oleh kehilangan cairan tubuh, paparan cahaya matahari ataupun produk rambut yang tak tepat. Pisang memiliki kandungan banyak gizi serta kandungan yang melembapkan sehingga baik buat kulit kepala kering serta ketombe. Tidak hanya itu, pisang adalah sumber antimikroba alami yang terpercaya, maka 2 manfaat itu bisa menunjang membersihkan kulit kepala yang kering.

3. Atasi Rambut Kusut

Kandungan silika dalam pisang bermanfaat buat menanggulangi permasalahan rambut kusut. Kandungan silika itu diserap oleh tubuh buat memproduksi kolagen, yakni protein yang bisa menyehatkan rambut serta menghindari kerapuhan. Tidak hanya itu, pula dapat menyebabkan rambut jadi lebih bervolume serta tak gampang rontok. Kandungan silikon yang terkait dengan silika kerap dimasukkan dalam produk kecantikan, sebagai kondisioner rambut supaya rambut kemilau, halus serta tebal.

4. Melembapkan serta menghaluskan Rambut

Pisang memiliki kandungan asam folat yang berguna supaya rambut nampak bersinar, melindungi rambut selalu lembap, serta terhidrasi dengan baik. Kalium serta minyak alami di dalam pisang pun bisa menambah kesehatan rambut. Tidak hanya itu ternyata pisang pun memiliki kandungan berbagai macam antioksidan. Kandungan ini bisa menunjang mengurangi kerusakan karena radikal bebas, sehingga bisa menghindari rambut kering serta gampang patah.

5. Memacu Pertumbuhan Rambut

Pisang di dalamnya memiliki kandungan zat antioksidan yang berguna untuk menunjang menguatkan rambut serta kulit kepala. Riset yang dilansir dalam International Journal of Trichology mengatakan, kandungan antioksidan dalam buah pisang nyatanya bisa meredakan stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri adalah penyebab terpenting dari rambut rapuh serta nampak kusam. Bila anda teratur melumurkan masker rambut dari pisang, folikel rambut akan menjadi lebih kuat serta lebih mudah panjang, sehingga pertumbuhan rambut juga lebih singkat.

Cara Membuat Masker Rambut Pisang

Bila anda ingin mencoba membuat masker pisang di rumah ikuti cara di bawah ini.

Bahan-bahannya

  • Pisang
  • Minyak zaitun
  • Telur

Cara Membuatnya

  • Lumatkan pisang, masukkan satu sendok minyak zaitun, serta satu telur ke dalam mangkuk.
  • Campur sampai rata serta lumat.
  • Oleskanlah secara menyeluruh masker ke rambut. Untuk hasil yang maksimal, pastikan untuk membubuhkan lebih banyak pada kulit kepala serta ujung rambut.
  • Biarkan selama 15 menit. Cuci bersih rambut memakai air hangat, serta basuh lagi dengan air dingin hingga bersih.

Demikianlah manfaat pisang untuk rambut sekalian cara membuat masker rambut dari pisang. Dengan info ini, anda dapat memperoleh rambut yang sehat serta kuat dengan menggunakan pisang.

Baca Juga: