Hijab.id

5 Trik Supaya Hijab Tidak Gampang Kusut dan Tetap Terlihat Rapi

14 Jun 2022  |  13x | Ditulis oleh : Admin
5 Trik Supaya Hijab Tidak Gampang Kusut dan Tetap Terlihat Rapi

Kecuali menyetrika, terdapat berbagai trik khusus yang butuh Anda lakukan supaya hijab tidak gampang kusut. Apa saja trik atau kiatnya ya?

Jengkel tidak sih saat sedang tergesa-gesa, nyatanya hijab yang ingin dikenakan nampak kusut atau terlihat bekas lipatannya? Masalah ini memang sering menjadi keluhan tidak sedikit wanita berhijab. Umumnya sih penyebabnya lantaran cara melipat dan penyimpanannya yang kurang betul.

Nah, supaya hijab tidak gampang kusut dan tetap rapi, Anda dapat mengaplikasikan berbagai tips di bawah ini.

1. Perhatikan Proses Mencuci

Hal pertama yang mesti Anda perhatikan supaya hijab tidak gampang kusut yaitu saat proses pencucian. Periksalah keterangan bahan yang umumnya terdapat di balik hijab. Apakah bahan itu boleh dicuci memakai mesin atau cuma boleh memakai tangan. Bila mencucinya memakai mesin, Anda pun mesti mengenali karakteristik bahannya. Umpamanya, hijab berbahan polywool yang sebaiknya tidak boleh dicampur dengan bahan-bahan tebal. Karena sifat bahan ini seperti kaos, bila tergosok maka akan menjadi berbulu. Sementara itu hijab berbahan polyster, tidak usah menjemurnya terlampau lama. Lantaran bahan itu gampang dikeringkan.

2. Pisahkan Hijab Sesuai dengan Warnanya

Supaya hijab tidak gampang kusut, cobalah pisahkan menurut warnanya. Pisahkan sebagian warna yang terdiri dari hijab untuk rumah, bepergian, pesta, dan selaras dengan jenisnya seperti pashmina dan hijab segi empat. Anda juga akan gampang mencari hijab yang ingin Anda pakai dalam kelompok warna khusus.

3. Kelompokkan Hijab Menurut Jenis dan Bahannya

Bila Anda tleah mengelompokkan hijab menurut warnanya, kemudian yang mesti Anda lakukan ialah mengelompokkan menurut fungsi dan jenisnya. Bila hijab dengan bahan katun, viscose, dan sifon lebih kerap Anda pakai, maka pisahkanlah kerudung berbahan itu dengan scraf yang mempunyai bahan lainnya. Hal ini akan menggampangkan Anda dalam memilih hijab mana yang akan dikenakan.

4. Membuat Tempat Penyimpanan Tersendiri

Ini pun mesti Anda perhatikan supaya hijab tidak gampang kusut, yaitu menyediakan tempat khusus. Anda dapat menyimpannya di rak ataupun gantungan khusus untuk hijab yang akan menjadikan koleksi hijab Anda tetap rapi. Hendaknya menyimpan hijab tidak boleh dicampur dengan ciput yang bisa menjadikan kerudung gampang berantakan. Pastikan letaknya tak ditumpuk-tumpuk supaya tak gampang lecek.

5. Lakukan Teknik Melipat dan Menyimpan Hijab dengan Tepat

Trik berikutnya yakni lipatlah dan simpanlah hijab dengan betul, langkah ini dilakukan untuk mencegah terbentuknya garis lipatan saat Anda mengenakannya. Anda pun bisa menyertika hijab dengan rapi sampai seluruh garis hilang. Tetapi, hindarilah menyetrika sembari melipatnya. Karena cuma akan menambah jelas bekas lipatan yang ada. Kemudian lipatlah menjadi 3 bagian sehingga bagian tengah hijab tak terlipat. Selanjutnya gantunglah hijab memakai hanger. Oya, menggantung hijab cuma pada bagian sepertiga dari bahan hijab supaya tidak menimbulkan bekas garis lipatan di bagian tengah bahan hijab tersebut.

Mudah-mudahan dengan mengenali kelima trik atau kiat di atas, tidak ada lagi hijab Anda yang kusut.

Baca Juga: