RF

8 Makanan Khas Lampung yang Jangan Dilewatkan Saat Liburan Ke Sana

14 Jun 2022  |  15x | Ditulis oleh : Admin
8 Makanan Khas Lampung yang Jangan Dilewatkan Saat Liburan Ke Sana

Sesungguhnya makanan khas Lampung mempunyai cita rasa yang berbeda-beda, tergantung di daerah mana Anda sedang berada. Tetapi, semua orang setuju bila kuliner yang dihidangkan akan menggoyang lidah.

Bagi Anda yang hingga saat ini belum pernah mencicipi makanan khas Lampung dan penasaran bentuknya seperti apa, mari simak ulasan berikut!

1. Seruit

Ikan bakar jadi bahan pokok dari masakan ini. Ikan yang dibakar secara sempurna disajikan sesudah terlebih dahulu dicampur dengan sejumlah varian sambal terasi khas Lampung. Tak terkecuali mangga muda dan tempoyak. Adanya tambahan lalapan membuat makanan khas ini memberikan rasa yang lebih nikmat.

2. Gabing

Kuliner khas dari Lampung ini dibuat dari batang kelapa yang masih muda, yang diiris tipis-tipis dan direbus sampai empuk. Di samping itu, taburan bumbu rempah penuh cita rasa pun dibubuhkan untuk menambah kualitas rasa. Di dalam sajian ini, Anda dapat menemui banyak pilihan isian, seperti daging segar, jamur, dan banyak lagi yang lainnya.

3. Mie Lampung

Mie Lampung merupakan salah satu hidangan yang wajib dicicipi ketika datang ke Lampung. Tekstur mie yang tidak lembek dan kenyal jadi ciri khas dari kuliner ini. Di samping itu, mie pun ditaburi bumbu dan daging yang membuat hidangan Mie Lampung senantiasa berhasil mencuri perhatian. Isian makanan khas ini pun bervariasi, dari bihun ayam, kwetiau ayam, nasi tim sampai pangsit.

4. Tempoyang

Di Kalimantan, makanan ini kerap dikatakan tempoyak. Tetapi di Lampung, hidangan yang dibuat dari olahan durian ini lebih populer sebagai tempoyang. Pada dasarnya kuliner ini adalah olahan dari daging buah durian yang difermentasikan sampai 5 hari, sebelum kemudian dicampurkan dengan ikan yang jenisnya dapat dipilih, diantaranya ikan mas, ikan teri, ikan mujair, dan lainnya.

5. Umbu

Bahan utama dari makanan khas umbu adalah rotan muda yang direbus dalam waktu yang cukup lama sampai membuatnya jadi empuk. Setelah itu umbu dapat dihidangkan dalam bentuk lalap atau sayuran oseng.

6. Gulai Taboh

Lampung pun mempunyai makanan gulai yang jangan dilewatkan. Bedanya, bahan bakunya tak memakai daging kambing, ayam ataupun sapi, tetapi memakai ikan. Gulainya itu sendiri agak berbeda, memakai kacang-kacangan dan ubi-ubian yang dimasak di dalam santan dengan campuran kacang hijau dan jenis kacang yang lainnya, serta kentang dan rebung. Adanya penambahan terasi dan daun sirih ke dalam gulai membuat makanan khas Lampung ini menggoda untuk dinikmati.

7. Pisro

Memakai bahan pokok ikan tembakang atau betok, pisro merupakan salah satu pilihan makanan khas Lampung yang harus dicicipi. Ikan itu sendiri digoreng sampai kering sebelum selanjutnya digabungkan ke dalam bumbu kental berupa paduan antara gula aren yang manis dan bumbu rempah khas Lampung.

8. Sambal Tempoyak Udang

Yang suka sambal pedas selaku teman untuk apa saja makanan Anda, jangan sampai melewatkan peluang mencoba nikmatnya sambal tempoyak udang. Sambal ini dibuat dari cabe dan tomat serta bahan yang lainnya seperti kunyit dan pete dengan bahan pelengkapnya  yakni udang. Kecuali pedas, Anda dapat memperoleh cita rasa yang beraneka ragam, tetapi menyegarkan.

9. Sambal Asam Kembang

Sambal ini diolah tanpa mesti membubuhkan cuka. Rasa asam itu sendiri diperoleh dari bahan-bahan alami, seperti potongan-potongan daging buah mangga muda yang sengaja dimasukkan ke dalamnya. Sambal ini tepat dijadikan makanan pendamping untuk kuliner apa saja pilihan Anda.

Apakah Anda tertarik untuk menikmati makanan khas Lampung yang penuh dengan cita rasa ini?

Baca Juga: